Teknologi Pangan: Dari Proses, Produksi dan Pengemasan Susu Sapi | Kembara Madani Eduka

Teknologi Pangan: Dari Proses, Produksi dan Pengemasan Susu Sapi

Teknologi Pangan
Jagung, singkong, dan kacang kedelai merupakan hasil pertanian. Daging sapi, susu sapi, dan daging ayam, dan telur ayam merupakanhasil peternakan. Hasil pertanian dan peternakan diolah menjadi bermacam-macam produk pangan. Pengolahan hasil pertanian dan peternakan menggunakan teknologi. 

Teknologi yang digunakan disebut teknologi pangan. Kecap, tahu, tauco, dan tempe dibuat dari kacang kedelai. Susu cair, susu bubuk, permen susu, dan keju dibuat dari susu sapi segar. Bahan makanan yang telah diolah dijual dibawa ke pasar.

Tahukah kalian tujuan pengolahan bahan makanan?

Di Lembang, Bandung Jawa Barat banyak tempat menarik yang dapat dikunjungi. Paman mengajakku ke pabrik susu, pabrik tahu, dan tempat pembuatan manisan. Wah... asyik loh, bisa mengunjungi tempat-tempat itu. Oh iya, Paman banyak bercerita tentang produk teknologi pangan .

Teknologi pangan adalah teknologi yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang bahan pangan. Susu bubuk, permen susu, dan susu kental manis adalah produk teknologi pangan. Makanan-makanan tersebut terbuat dari susu sapi.

Ada juga makanan yang terbuat dari kedelai yaitu tempe, tahu, tauco, dan kecap. Ternyata teknologi pangan penting untuk memproduksi jenis makanan baru. Teknologi pangan juga menjaga makanan agar tetap awet. Buah-buahan setelah dipanen, kesegarannya hanya bertahan beberapa hari atau minggu. Buah-buahan dapat diolah menjadi sari buah atau selai. Selanjutnya dilakukan proses pengalengan agar tahan lama.

Salah satu contoh hasil teknologi pangan lainnya adalah tahu. Tahu terbuat dari kedelai yang sudah melalui berbagai proses. Ada bermacam-macam bentuk tahu dijual di pasar. Ada tahu yang berbentuk segiempat besar dan kecil.

Ada juga susu sapi yang dapat diolah menjadi berbagai bahan pangan. Salah satunya adalah pembuatan susu kental manis. Susu segar ditambah dengan gula kemudian dipanaskan hingga menguap.

Proses yang paling penting setelah produksi adalah pengemasan. Setelah melalui proses pemanasan, susu cair disimpan dalam kardus.Bagian dalamnya dilapisi kertas alumunium dan dibuat kedap udara Hal penting lainnya tentang pengemasan adalah harus menarik. Bentuk kemasan dibuat menarik agar pembeli menyukainya. Ada hasil pangan yang baik mutunya dan bergizi namun kurang disukai konsumen. Hal ini disebabkan kemasannya yang tidak menarik.

Penguapan bertujuan untuk mengurangi kadar air dalam susu. Susu dengan kadar air rendah dapat disimpan lama dalam keadaan baik. Hasil olahan susu sapi banyak disukai anak-anak. Es krim dan permen susu juga hasil olahan susu sapi.

Tubuh manusia memerlukan makanan bergizi agar badan tetap sehat. Makanan bergizi mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh. Selain makanan bergizi, untuk menjaga tubuh tetap sehat supaya melakukan olahraga yang teratur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknologi Pangan: Dari Proses, Produksi dan Pengemasan Susu Sapi"

Post a Comment